Minggu, 19 Juli 2009

PENGERTIAN DAN PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK

Motor listrik adalah suatu mesin listrik yang dapat merubah energi listrik menjadi energi mekanik yaitu berupa momen putar. Sedangkan jenis motor listrik yang banyak digunakan pada dunia industri adalah motor induksi. Dalam bab ini yang akan dibahas adalah motor listrik induksi tiga phasa. Motor listrik induksi tiga fasa adalah motor listrik induksi yang dijalankan dengan menggunakan sumber listrik tiga phasa. Dikatakan motor induksi, karena perpindahan energi listrik dari stator ke rotor secara induksi, ini berarti tidak ada kontak langsung antara bagian stator dan rotor. Energi listrik dari stator pindah ke rotor secara induksi melalui celah udara (air gap) antara rotor dan stator. Celah udara akan memerankan faktor yang penting dalam perpindahan energi tersebut. Makin sempit celah udara, makin bagus proses perpindahan energinya. Namun perlu diingat bahwa makin sempit celah udara juga makin besar resiko terjadinya gesekan antara rotor dan stator, sehingga perlu pembatasan. Energi yang dihasilkan motor listrik induksi tersebut digunakan untuk menggerakkan pompa, kompressor, mixer, blower, mesin-mesin perkakas dan lain sebagainya.
Prinsip kerja motor listrik tiga phasa adalah apabila kumparan medan (stator) dihubungkan dengan tegangan tiga phasa, maka akan timbul medan magnet putar dengan kecepatan :
Dimana :
Ns : kecepatan medan stator
f : frekwensi
P : jumlah kutub
Medan putar stator tersebut akan memotong-motong batang konduktor pada rotor sehingga pada batang konduktor tersebut akan timbul tegangan induksi (ggl) karena kumparan rotor tersebut merupakan rangkaian tertutup, maka akan menghasilkan arus listrik. Dengan adanya konduktor yang dialiri arus listrik berada dalam medan magnet, maka akan menimbulkan gaya pada rotor. Bila kopel mula yang dihasilkan oleh gaya pada rotor cukup besar untuk memikul beban, maka rotor akan berputar searah dengan medan putar stator.

Tidak ada komentar: